Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog

Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog, Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog

Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog

Tips Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog
Sebelum menuju ke topik Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO sebaiknya baca dulu info-info berikut, di samping sebagai bahan relaxing muda-mudahan bisa menjadi motivasi diri untuk lebih produktif.

Dorongan Motivasi

Mana ada keberhasilan yang di peroleh tanpa menjalani sebuah proses yang harus di serap step by step, tidak akan tampak mudah seperti membalikkan telapak tangan jika tidak melalui dasar yang tepat, seperti kata mas Ahmad Khoirul Azmi seorang blogger sejati yang menurut saya sudah ahli di bidang SEO, saya dibuat kagum pada setiap teori yang di ulas, anehnya kebanyakan “blogger” yang baru menelan sesuap ilmu langsung pengen cepat, cepat, dan cepat… nulis artikel “meningkatkan seo blog” tapi tanpa melalui proses dasar analisis dan tanpa memperhatikan keyword-keyword yang seharusnya menjadi esensi dalam sebuah konten, gara-gara tidak mengantongi pemahaman yang eksak akhirnya kebingungan, mau kemana saya?!.. ga tau, terserah anda.

Makanya jangan pakai cara yang vulgar yang hanya membuat otak jadi buntu, malas belajar lalu melakukan copas habis artikel orang lalu disuapin lagi ke orang lain, begitu seterusnya. Hey guys… let's change! lakukan apa yang seharusnya jadi panutan blogger sejati, yaitu BELAJAR. 

Saya awalnya tidak berkecimpung di dunia internet, sedikit keahlianpun tidak ada sama sekali, saya adalah wanita berumur 23 tahun (saat ini) berprofesi sebagai pemain keyboard/piano lalu mengapa saya bisa sampai ke sini? tentunya bukan angin yang meniup saya kemari. Dimulai dari baca-baca sehingga terpengaruh hanya dari sepenggal kata-kata dari orang yang saya sebutkan di atas, wow kok bisa kan cuma sepenggal? arti kata sepenggal itu maksudnya ilmu, dan karena saya yakin meskipun jika saya telah menulis 2000 artikel SEO sekalipun, ilmu saya tidak ada apa-apanya dibanding orang yang saya sebutkan tadi mengapa? karena ilmu/pengetahuan itu tidak terdefinisi alias tidak memiliki batas. Kalimat di atas bisa anda serap sebagai landasan motivasi yang dapat membangun diri untuk tidak membudidayakan ilmu kemalas-malasan apalagi ilmu copy/paste jangan pernah, the danger!
So, you ready? oke, untuk menghindari segala jenis penyakit menular seperti diatas, kita akan mulai membahas keyword

Keyword adalah kelompok kata yang disusun oleh pengunjung untuk menentukan kata kunci pada mesin pencarian/SE, sususan keyword tentunya bersumber dari; “konten apa yang saya butuh? topik apa yang ingin saya cari?” (di search engine), keyword inilah yang seharusnya menjadi kunci utama pada isi konten. Sesuai inferensi saya ini menunjukan keterkaitan yang mutlak antara ke-dua jenis keyword; kata kunci dan konten atau bisa dibilang  judul dan isi artikel. Yang baru saya ulas adalah pokok utama kita untuk membahas artikel ini, anda bisa kembali membaca paragraf ke-tiga artikel ini jika belum mengerti, baca dengan perlahan karena saya ingin anda benar-benar paham sebelum meninggalkan laman ini, saya akan merasa puas jika anda pergi tidak dengan tangan kosong, itu harapan saya.

Lanjut, penerapan keyword yang akurat dilihat dari sisi komunikatif antara kata kunci dan isi konten/artikel, artinya semakin erat keterkaitan antara judul dan isi artikel maka semakin tinggi tingkat visibilitas di mata search engine karena di nilai memimiliki keyword yang sesuai di antara keduanya, namun bukan berarti harus membanjiri isi konten dengan pengulangan keyword yang sama justru akan dianggap spammer oleh crawler, gunakan kata-kata yang berhubungan secara variatif dan inovatif atau paling tidak memiliki sudut pandang yang berbeda namun arahnya sama dan berkaitan.

Profesi sebagai seorang penulis memang sudah di tuntut memiliki wawasan se-kreatif mungkin, tidak punya? anda bisa belajar namun jangan memanfaatkan cara kotor! sorry, I am open.. Blogger yang hanya mementingkan diri (secara personal), dan tidak memperhatikan kebutuhan pengunjung maupun search engine sayang sekali, saya pastikan blog tidak akan bertahan lama, setelah kehabisan ide mau apa lagi? copas, setelah itu? siap saja di tendang search engine dan sudah di jelaskan pada algoritme google, situs-situs yang menyandang prioritas seperti itu akan di pangkas habis. Untuk itu dengan mengenal dasar-dasar keyword anda akan memiliki insting dengan variasi keyword yang efektif.

Tips Dasar Variasi Keyword Untuk Meningkatkan SEO Blog

Survey / Analisis

Sekarang mengarah ke search engine, cari topik dengan kata kunci apa saja yang berhubungan dengan SEO misl. “optimalisasi seo blogspot”, lakukan riset ke beberapa situs blog, perhatikan persentase keyword yang di optimalkan, nilai dari suatu konten ditentukan dari kualitas konten itu sendiri, dan search engine mampuh merayapi mana saja konten yang benar-benar berkualitas dengan penggunaan keyword yang efisien, bukannya membanjiri konten dengan keyword yang tidak berhubungan, tidak bernilai/bermutu, yang hanya menggunakan keyword sebagai parade atau pawai barisan tentara yang siap ditembak mati, kurang lebih ibarat kata seperti itu. Oke lah, kini anda membuat artikel dengan topik “Ibu memasak masakan kesukaan Rani..” mana mungkin isi konten “tragedi peperangan itu menewaskan dua ratus orang dengan posisi yang terbengkalai..” emang si ibu masaknya di jalur gaza?. Sekali lagi saya tekankan jangan menerapkan keyword sebagai alat perbincangan tanpa arah yang tidak relevan, (non)deskriptif, yang hanya menggunakan muslihat sebagai senjata pamungkas seperti pengulangan kata yang tidak kreatif dan hanya membuang-buang waktu pengunjung, itu sama saja bunuh diri. Buang jauh-jauh asumsi seperti itu.

Analisa Persaingan Keyword

Mitos untuk blog niche yang biasanya lebih banyak mengantongi traffic rendah, esensinya karena hanya berfokus pada satu topik (bersifat singgle) contoh; tips blogging, cara membuat artikel blog, seo blog dan sebagainya. Jenis blog seperti ini seharusnya pandai bermain keyword, tentukan keyword yang tidak memiliki tingkat persaingan yang terbilang tinggi lalu lakukan riset global pada search engine dengan kata kunci yang sama, tidak apa-apa mengeksploitasi topik yang sama, sah-sah saja tapi sebisanya cari tau poin-poin penting dan keyword yang masih bisa di manfaatkan dan tidak dimiliki pada konten di blog lain.

Gunakan Variasi Keyword

Pada pertandingan bulu tangkis kita mengenal dengan sebutan single dan ganda, (muda-mudahan berkaitan) bagaimana jika tiga lawan dua atau tiga lawan satu? sudah pasti tim yang memiliki peserta lebih banyak berpeluang besar memenangkan pertandingan, sama halnya dengan keyword yang di bidik, bila menentukan keyword dengan pola kata yang minim misl. “kaki gunung” maka ada ratusan ribu keyword dengan kata kunci yang serupa pada page view, jangan berharap banyak karena peluang pasti laif/rendah, tapi coba gunakan sugesti dengan menambahkan keyword yang masih tergolong penting “kakiku lelah mendaki gunung merapi” maka ruang persaingan semakin sempit, peluang mendapat klik akan semakin terbuka.
Menggunakan pola kata yang umum, pendek, tidak variatif membuat keyword menjadi lemah, berimbas pada search engine yang dengan mutlak melempar konten kita entah kemana karena dianggap konten sudah basi, tidak inovatif. Jadi sebisanya membuat variasi dengan penambahan kata-kata yang masih tergolong signifikan jika memungkinkan, tapi buat batasan jumlah yang tidak terlalu panjang dan masih berkesan natural.

Prediksi Kebutuhan Lain User/Pengunjung

Jika memang blog bersifat spesifik coba perluas jangkauan keyword, misalnya blog niche yang membahas SEO optimized, prediksi saja mungkin kebutuhan lain pengunjung adalah blog design, blog traffic, blog widget dan sebagainya. Secara tidak langsung memperluas keyword akan mengundang minat pengunjung yang bisa saja terlintas secara spontan atau penasaran dengan keyword lain di blog anda, blog anda pun berpotensi mendapatkan jumlah klik yang lebih besar, sama ketika user lain yang dengan tidak sengaja menemukan blog anda di hasil pencarian mungkin akan merasa tertarik mengunjungi blog anda.

Analisis Traffic (Analisa keyword Visitor)

Terkadang membidik keyword sesuai sugesti tidak mengait hasil yang efektif, sudah jelas karena strategi kita hanya menebak kebutuhan pengunjung, meski begitu insting dan sugesti tetap diperlukan. Untuk sekarang tool yang paling efektif sebagai sarana menganalisis visitor adalah google webmaster,  gunakan tool ini untuk melihat keyword visitor yang tidak masuk list keyword yang anda bidik. Manfaatkan tool ini ketika anda menemukan keyword diluar dugaan anda yang peluang kliknya lebih besar, dari pada mengandalkan keyword yang anda bidik justru kliknya lebih minim, lakukan karantina pada keyword mana saja yang tepat untuk membidik kebutuhan pengunjung.

Hindari Kompetisi Yang Tinggi

Jangan berasumsi jika setelah mengoptimalkan keyword konten anda leluasa berada pada page one mesin pencari, tetap lakukan analisis konten di search engine, jika konten yang di angkat memiliki tingkat kompetisi rendah tidak apa-apa dengan tetap memperhatikan keyword-keyword lainnya, sebaliknya untuk apa berlama-lama membuang waktu di depan komputer, menulis konten yang sudah ketahuan tidak ada peluang sama sekali meskipun dengan upaya meningkatkan SEO blog lainnya, sebab search engine sudah tidak menganggap konten tersebut sebagai hal yang baru, lebih baik memperhatikan keyword mana saja yang sukses membawa blog anda ke page view terbaik dan terus lakukan pengoptimalan, ambil peluang-peluang keyword yang masih bisa diperluas/dikembangkan atau memiliki pembahasan yang lebih detail, dengan begitu blog anda menjadi lebih menarik karna membahas niche dengan sangat jelas dan ber-variasi.

Pastikan memanfaatkan keyboard dengan tepat yang di optimalkan dengan padat namun memiliki keterkaitan yang jelas dan masuk akal, hindari penggunaan keyword yang menyiasati isi konten dengan cara spammer. Lakukan pengoptimalan keyword seperti cara di atas agar konten anda benar-benar menarik hati pengunjung hingga betah berlama-lama di situs anda, dengan begitu anda akan meningkatkan SEO blog.

tambahan; perhatikan setiap keyword yang saya gunakan pada artikel ini, saya membagi setiap kata dari judul ke dalam konten/artikel ini tanpa satu katapun yang tertinggal, jadi judul artikel semua harus masuk ke dalam konten dengan cara dibagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *