Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restar Sendiri

Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restar Sendiri, Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restar Sendiri

Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restar Sendiri
Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat dan Restar Sendiri – Mungkin saat pertama kali anda memiliki Perangkat android, kita pada umumnya merasa jika smartphone tersebut memiliki performa yang stabil dan cepat, namun seiring berjalannya waktu lama kelamanan, anda sadar atau tidak perangkat android tersebut akan terasa lambat dan sering mengalami crash bahkan melakukan restar sendiri. Dan bila kejadian itu terjadi, maka anda akan merasa gelisa dan panik, karena handphone kesayangan anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

ini karena Smartphone yang terkhususnya berbasis android, menyediakan begitu banyak aplikasi yang tersedia di Play store dan siap anda download kapan saja baik itu berbayar ataupun gratis,Namun tahukah anda jika mendownload dan menginstall banyak aplikasi dan game yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan, akan membuat kinerja perangkat android kita menjadi lambat dan tidak jarang akan melakukan restar sendiri.

Terkadang, banyak pengguna hanya iseng untuk mendownload sebuah aplikasi dan Game, hanya karena melihat gambar dan fungsi yang menarik dari aplikasi tersebut, namun, nyatanya kita tidak terlalu membutuhkan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. dan lupa untuk menghapusnya dari perangkat kita. sehingga secara otomatis penggunaan Ram akan meningkat dan menurunkan kinerja maksimal pada sistem operasi.

kita mengambil salah satu contoh pada aplikasi sosial media dan pesan instan, saat ini ada beberapa aplikasi pesan instan dan sosial jejaring, yang saling bersaing, nah orang indonesia biasanya memiliki lebih dari 3 akun sosial jejaring dan menginstall aplikasinya pada perangkat mereka. Namun tidak menggunakan semuanya dalam berinteraksi akan tetapi membiarkan aplikasi tersebut tetap berada di smartphone mereka, ini mengakibatkan penggunaan RAM akan bertambah secara otomatis meskipun tidak digunakan.

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan dan Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Sering Restar Sendiri :

1. Menginstall Terlalu Banyak Aplikasi yang tidak dibutuhkan

Seperti yang saya jelaskan pada awal-awal artikel ini, sebaiknya anda hapus atau uninstall beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak anda butuhkan saat ini, karena selain memenuhi ruang internal storage anda, aplikasi-aplikasi tersebut akan meningkatkan penggunaan RAM secara tidak langsung. Sebaiknya anda bijak dalam memilih aplikasi yang benar-benar anda butuhkan.

2. Internal Storage yang sudah penuh.

Bukan hanya aplikasi yang bisa membuat internal storage anda menjadi penuh, beberapa file seperti foto, video dan lagu juga menjadi faktor utama, jadi jika penyimpanan internal anda sudah penuh atau mendekati, sebaiknya backup beberapa file yang sebanarnya tidak anda butuhkan ke komputer atau laptop. Dan satu lagi periksa dan bersihkan secara berkala file cache pada aplikasi dan browser, karena ini juga bisa menyebabkan internal storage anda penuh tanpa anda sadari.

3.Menginstall Custom Rom Yang Belum Stabil.

Faktor ketiga ini, memang sangat jarang kita jumpai, Seperti yang kita ketahui menginstall custom rom ataupu stock rom besar dugaaan menjadi penyebab smartphone android menjadi lambat dan sering restar sendiri, ini karena biasanya belum support secara penuh dengan perangkat keras (hardware) yang terdapat pada handphone.

4. Penggunaan RAM yang Maksimal

RAM menjadi komponen yang sangat penting dalam kinerja perangkat Android, meskipun saat ini rata-rata model baru dibekali dengan RAM yang cukup besar yaitu 1 GB Hingga 2 GB, Tapi perlu anda ketahui, tidak sepenuhnya Jumlah RAM pada smarphone kita dapat digunakan, karena sebagian digunakan oleh sistem itu sendiri. Jadi untuk menghidari penggunaan RAM yang besar, kurangi menginstall aplikasi yang berjalan dibalik layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *