Kiat-kiat Budidaya Ikan Manfish

Kiat-kiat Budidaya Ikan Manfish, Kiat-kiat Budidaya Ikan Manfish

Kiat-kiat Budidaya Ikan Manfish

Apakah Anda membutuhkan kiat-kiat dalam membudidayakan ikan manfish? Ikan manfish (Pterophylum scalare) adalah ikan air tawar yang sering dijadikan sebagai ikan hias karena kemolekan rupa dan warnanya. Ikan ini kerap disebut pula angel fish alias ikan bidadari. Bentuk ikan manfish sangat khas yaitu pipih dengan sirip dada yang berukuran cukup panjang.

Tidak terlalu sulit kok untuk membudidayakan ikan manfish karena pada dasarnya ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ikan ini juga cukup mudah dipijahkan. Biasanya ikan bidadari ini ditempatkan di dalam akuarium, kolam tanah, dan kolam beton.

cara-memelihara-ikan-manfish.jpg

Bagaimana sih caranya membudidayakan ikan manfish? Di bawah ini kiat-kiat dalam pemeliharaannya!

Kiat 1 : Pemilihan Indukan

Ikan manfish yang akan dijadikan sebagai ikan indukan harus berusia minimal enam bulan dan sudah mengalami tingkat kematangan secara gonad. Cukup mudah untuk mengetahui jenis kelamin suatu ikan manfish. Ciri-ciri ikan manfish jantan yaitu bagian atas kepalanya agak menonjol dan tubuhnya berwarna cerah. Sedangkan pada ikan manfish betina memiliki kepala bagian atas yang datar, warnanya lebih kusam, dan posturnya membulat. Biasanya pada umur yang sama, ikan manfish jantan berukuran lebih besar daripada ikan manfish betina.

Kiat 2 : Persiapan Akuarium

Akuarium yang ideal digunakan untuk mengawinkan sepasang ikan manfish memiliki ukuran minimal 60 x 40 x 40 cm. Sebelum diisi dengan air, akuarium perlu dijemur di bawah matahari terlebih dahulu selama 2-3 hari untuk menyucikannya. Setelah itu, isilah akuarium ini memakai air hingga memenuhi 1/3 dari total volumenya.

Lengkapi akuarium dengan aerator dan substrat yang terbuat dari pipa berukuran 2 inci x 10 cm sebagai tempat meletakkan telur. Akuarium yang dipakai untuk mendukung proses pemijahan ikan manfish ini sebaiknya diletakkan di tempat yang tenang dan aman. Bungkus sekeliling dinding akuarium untuk menciptakan suasana yang temaram, serta tutup bagian atasnya menggunakan potongan tripleks atau kardus.

Kiat 3 : Pemberian Pakan

Pakan yang bagus untuk diberikan kepada ikan manfish adalah jentik nyamuk, cacing rambut, dan dapina. Boleh juga sesekali memberikan pakan berupa pelet untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ikan tersebut. Sebelum proses pemijahan dimulai, semua ikan manfish indukan harus dipuasakan terlebih dahulu selama 24 jam.

Kiat 4 : Pemijahan Ikan

Ikan manfish dipindahkan ke akuarium pemijahan pada sore hari sehingga diharapkan proses perkawinannya akan berlangsung pada malam hari. Perbandingan indukan antara ikan jantan dan betina adalah 2:1 sehingga peluang pemijahannya semakin besar. Seekor ikan manfish betina mampu menghasilkan telur dengan jumlah hingga mencapai 200-400 butir.

Kiat 5 : Penetasan Telur

Penetasan telur sebaiknya dilakukan di akuarium lain yang khusus diperuntukkan memperlancar proses ini. Persiapan akuarium penetasan sama seperti akuarium untuk pemijahan. Setelah diisi dengan air bersih, tambahkan 2-3 tetes methilin blue. Kemudian masukkan pipa yang sudah berisi telur ikan ke dalam akuarium penetasan ini. Rata-rata telur tersebut akan menetas setelah berumur kurang lebih 3 hari.

Kiat 6 : Pemeliharaan Larva Ikan

Larva ikan manfish yang baru menetas dari telur tidak perlu diberikan pakan terlebih dahulu karena masih mempunyai cadangan makanan pada kuning telurnya. Cadangan makanan ini biasanya bertahan selama 2-3 hari. Hingga berusia seminggu, larva ikan lalu diberikan pakan berupa kuning telur yang sudah dihaluskan. Barulah ketika umurnya mencapai sepekan, anakan-anakan ikan manfish ini bisa diberi pakan berupa artemia, infusoria, dan rotifera. Perhatikan jangan pernah mengganti air akuarium sebelum ikan-ikan dapat berenang dengan lancar.

Kiat 7 : Pemanenan dan Pendederan

Ikan manfish yang sudah berusia 2 minggu bisa dipisahkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok ikan yang akan dipanen dan dijual ke pengepul serta kelompok ikan yang akan didederkan. Proses pendederan sebaiknya dilakukan di kolam beton selama 1,5-3 bulan. Pakan yang diberikan selama tahap ini antara lain dapnia, artemia, dan tepung ikan. Dalam waktu 3 bulan kemudian, ikan-ikan manfish yang sudah berukuran cukup besar ini siap dijual sebagai ikan hias yang berharga mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *