Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina, Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Membedakan ikan cupang jantan dan betina terbilang gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan meski perbedaan keduanya cukup kentara, tetapi diperlukan kejelian dalam memperhatikannya. Salah-salah Anda justru keliru menganggap ikan pejantan sebagai betina atau sebaliknya.

Pengetahuan tentang ciri-ciri jenis kelamin ikan cupang dibutuhkan terutama saat Anda berniat untuk mengawinkan ikan cupang tersebut. Ikan jantan harus dimasukkan terlebih dahulu ke bak pemijahan, kemudian dilanjutkan dengan melepaskan ikan betina. Jangan sampai proses perkawinan tersebut gagal karena Anda salah dalam memilih indukan ikan cupang yang benar.

membedakan-ikan-cupang-jantan-dan-betina.jpg

Memang betul ikan cupang yang masih berusia relatif kecil sulit diketahui jenis kelaminnya lantaran semua ikan memiliki ciri fisik dan perilaku yang mirip. Namun seiring dengan bertambahnya umur ikan hias tersebut, maka mulai tampak perbedaan-perbedaan yang bisa mendeskripsikan jenis kelamin ikan tersebut. Nah, di bawah ini merupakan metode yang dapat Anda gunakan untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina!

Ikan Cupang Jantan

Ikan cupang jantan mempunyai bentuk tubuh yang cenderung langsing, ramping, dan memanjang. Itu sebabnya kebanyakan ikan pejantan selalu berperilaku agresif dan lincah. Untuk menarik perhatian lawan jenisnya, ikan cupang jantan juga memiliki warna tubuh yang lebih cerah. Seringkali ketika ikan ini didekatkan ke ikan cupang yang lain, maka sirip ekor dan punggungnya akan mekar sebagai tanda siaga.

Ikan Cupang Betina

Berlawanan dengan si pejantan, ikan cupang betina berpostur tubuh gendut, padat, dan membulat. Jadi jangan heran bila gerakan ikan ini cenderung lebih lambat. Kekhasan lainnya yaitu ikan cupang betina mempunyai beberapa titik-titik putih di bagian perutnya. Warna sisiknya pun kurang menarik karena terlihat agak kusam. Selain itu, sirip punggung dan ekor ikan betina juga berukuran lebih pendek.

Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan antara lain :

  1. Ikan cupang jantan berpostur ramping, sedangkan ikan betina bertubuh gendut
  2. Gerakan ikan cupang jantan lebih lincah daripada ikan betina
  3. Warna ikan cupang jantan juga lebih cerah ketimbang ikan betina
  4. Ukuran sirip ikan cupang jantan pun lebih panjang dibandingkan ikan betina
  5. Ikan cupang jantan akan membuka siripnya bila bertemu dengan ikan lain, sementara ikan betina tidak berperilaku demikian
  6. Berbeda dengan ikan betina yang mempunyai titik-titik putih di perut, ikan jantan tidak memilikinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *