3 Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina

3 Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina, 3 Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina

3 Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina

Bagaimana cara membedakan ikan arwana jantan dan betina? Arowana atau lebih dikenal dengan sebutan ikan arwana adalah salah satu ikan air tawar dalam famili Osteoglossidae. Ikan ini biasa dijadikan sebagai ikan hias berkat kemolekan tubuh yang dimilikinya. Ikan arwana mempunyai struktur kepala yang kokoh dengan bentuk badan memanjang diselimuti sisik besar yang tersusun rapi.

Kedua sirip dada dan sirip perut ikan arwana berukuran kecil, sedangkan sirip punggung dan sirip analnya berada di tubuh bagian belakang. Ikan ini juga memiliki semacam pelat tulang yang berbentuk seperti lidah di lantai bawah mulutnya yang ditumbuhi gigi. Habitat alami arowana terletak di sungai dan danau berair tenang hingga deras. Sebagai karnivora sekaligus predator, tak jarang ikan arwana melompat keluar dari permukaan air untuk menangkap mangsanya.

Perbedaan ikan arwana jantan dan betina terbilang sulit diketahui. Hal tersebut disebabkan ikan ini tidak mempunyai ciri kelamin sekunder khusus, baik jantan maupun betinanya. Namun dengan pembelajaran secara mendalam, cepat atau lambat Anda pun pasti bisa membedakan mana ikan arwana jantan dan mana pula ikan arwana betina melalui karakteristik morfologi, organ reproduksi, dan tingkah lakunya.

cara-membedakan-ikan-arwana.jpg

Metode 1 : Karakteristik Morfologi

Penentuan jenis kelamin ikan arwana secara morfologi dapat dilakukan dengan memperhatikan bentuk kepala, tubuh, dan sirip punggungnya. Kepala arowana jantan berbentuk membulat, ukurannya besar dan kekar, berinsang lebar, serta memiliki rahang yang dalam dan luas. Untuk ikan betinanya mempunyai bentuk kepala yang meruncing, berukuran kecil, dan wujudnya pipih.

Ditinjau dari segi badannya, ikan arwana memiliki tubuh yang memanjang dengan sirip punggung yang panjang dan runcing di ujungnya. Sementara itu, tubuh arowana betina berbentuk membulat yang dilengkapi sirip punggung yang cukup lebar. Warna badan ikan arwana jantan juga lebih cerah dibandingkan dengan si betina.

Metode 2 : Organ Reproduksi

Untuk mengetahui jenis kelamin seekor ikan arwana, Anda bisa melihat organ reproduksinya melalui teknik stripping. Caranya yaitu dengan pengurutan secara perlahan-lahan pada ikan yang berukuran minimal 30 cm dan sedang matang gamet. Setelah diurut, ikan jantan akan mengeluarkan sel sperma yang berwarna keputih-putihan dan ikan betina melepaskan sel ovum yang berwarna kekuning-kuningan.

Kendati metode ini memberikan hasil yang lebih pasti, namun karena sangat riskan harus dilakukan oleh para profesional. Kesalahan sedikit saja dalam mengerjakan stripping tersebut dapat mengakibatkan ikan arwana menjadi sakit dan akhirnya mati. Bagi Anda yang ingin belajar teknik ini, disarankan untuk mecobanya terlebih dahulu kepada ikan murahan.

Metode 3 : Tingkah Laku

Membedakan ikan arwana jantan dengan betina juga bisa dilakukan dengan mengamati tingkah lakunya. Pada umumnya, arowana jantan memiliki gerakan yang indah gemulai lantaran tubuhnya berukuran lebih panjang dan lebih langsing. Di sisi lain, ikan betina yang mempunyai tubuh yang lebih gemuk dan pendek mengakibatkan gerakan badannya terlihat agak kaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *